Film Animasi 3D “Pemuda yang Hatinya Bergantung pada Masjid”

Agustinus Sirumapea, Syaipul Ramdhan, Siti Aisah

Abstract


Film animasi sudah banyak digunakan menjadi sarana pembelajaran, hiburan dan untuk kepentingan informasi yang lebih menarik dan efisien. Media informasi yang memberikan visual yang lebih mudah di pahami menjadikan animasi banyak di gunakan dalam berita, film, dan iklan. Film animasi juga dapat memotivasi masyarakat termasuk kalangan anak muda. Pemuda dalam islam adalah harapan, tumpuan umat dalam meneruskan perjuangan nabi, maka ketika pemuda disatukan dengan masjid maka akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Animasi ini dibuat menggunakan aplikasi Blender dengan tahapan menganalisis kebutuhan, modelling, rigging, animasi, rendering, finishing, dan editing. Animasi ini didukung dengan desain model yang dibuat realistis, juga disertai backsound. Sistem dibangun dan dirancang menggunakan blender 2.77, Adobe After Efect dan Adobe Premier Pro sebagai pengolah video.

Keywords


Blender 2.77, Animasi, 3D, Pemuda

Full Text:

PDF

References


P. K. Fotosintesis, “Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis (,” Vol. 1, No. 1, Pp. 91–106, 2015.

H. Ajie, B. Tantono, And U. N. Jakarta, “Vol 1. No.2 Desember 2017,” Vol. 1, No. 2, Pp. 116–125, 2017.

I. G. Adi, S. Anggara, H. Santosa, And A. A. G. B. Udayana, “Proses Pembuatan Film Animasi 2d ‘ Pedanda Baka ,’” Vol. 8, No. 1, Pp. 10–19, 2020.

R. Sistem, C. Rakyat, B. Belah, And B. Betangkup, “Jurnal Resti Implementasi Teknik Sinematografi Dalam Pembuatan Film Animasi 3d,” Vol. 2, No. 2, Pp. 578–583, 2018.

S. Personality, “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Saihu Institut Ptiq Jakarta,” Vol. 2, No. 1, Pp. 83–99, 2020.

N. Andrianto, “Pesan Kreatif Iklan Televisi Ramadan 2017 : Analisis Isi Iklan ‘ Bahagianya Adalah Bahagiaku ,’” Vol. 2, No. March, Pp. 17–31, 2018, Doi: 10.25139/Jsk.V2i1.336.

A. Wahana And H. H. Marfuah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sholat 5 Waktu Berbasis Augmented Reality,” Vol. 15, No. 2, Pp. 133–140, 2019.

S. Chen, P. Lin, And C. Wang, “Neural Storyboard Artist : Visualizing Stories With Coherent Image Sequences.”

V. Waeo, A. S. M. Lumenta, B. A. Sugiarso, T. Informatika, U. Sam, And R. Manado, “Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3d Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose To Pose,” Vol. 9, No. 1, Pp. 1–8, 2016.

M. Lutfi, A. Ayubi, And M. N. Hidayat, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 3d Menggunakan Teknik Rigging,” Vol. 2, No. 1, Pp. 1–5, 2020.

D. Produksi And F. Boyolali, “Teknik Editing Dengan Mengoptimalkan Kontinuitas Gambar Dalam Produksi Features ‘Boyolali Tersenyum.’”




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v3i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Academic Journal of Computer Science Research

 

Academic Journal of Computer Science Research

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: STMIK Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.