Media Promosi pada Campaign Produk PT Wellcomm dengan Teknik Seamless Transitions dalam Video Motion Graphic

Syaipul Ramdhan, Muhammad Kurhi

Abstract


Internet telah mempengaruhi program komunikasi iklan pada perusahaan di era digital saat ini, tidak terkecuali pada PT. Wellcomm. Dengan tingginya intensitas penggunaan sosial media berbasis video, iklan dalam motion graphic menjadi pilihan yang relevan sebagai media product campaign dengan menggunakan kombinasi gambar, animasi, teks, dan suara yang dibuat menjadi satu kesatuan yang utuh dalam sebuah video. Penggunaan teknik seamless transitions juga bertujuan untuk menunjukan kesinambungan pada alur sebuah video dengan sehalus mungkin tanpa adanya interupsi dalam menyampaikan pesan dan informasi pada sebuah iklan. Pembuatan iklan motion graphic ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil akhir berupa video iklan dalam motion graphic dengan teknik seamless transitions, dengan hasil pengujian yang menggunakan metode UAT (User Acceptance Test) dengan perolehan nilai presentase sebesar 90% dari  55 responden masyarakat umum.


Keywords


Iklan, Product Campaign, Motion graphic, Seamless transitions.

Full Text:

PDF

References


H. M. Noor, “PENERAPAN TEKNIK MOTION GRAFIK PADA IKLAN FREELAND MULIMEDIA,” NASPA J., no. 4, p. 6, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Abdillah, Fadhly, D. Adhiguna, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI STMIK CIC DENGAN TEHNIK MOTION GRAPHIC MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER GRAPHIC,” J. Digit, vol. 7, no. 1, pp. 74–85, 2017.

F. Siregar, “Pembuatan Media Komunikasi Menggunakan Motion Graphic untuk Sosialisasi Job Family pada Bank Indonesia,” J. Desain, vol. 4, no. 03, p. 174, 2017, doi: 10.30998/jurnaldesain.v4i03.1860.

M. R. Nurmansyah, I. A. Ratnamulyani, and A. A. Kusumadinata, “Hubungan Motion Graphic sebagai konten promosi sekolah di media sosial,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

M. Fadya, “Pembuatan Motion Graphics sebagai Media Promosi Pada Campaign ‘Kado Blanja’ di Media Sosial PT. Metraplasa – Blanja.com,” 2016.

M. A. T. P. Putra, N. Dengen, and A. Syakir, “Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Banjir Berbasis Multimedia Animasi Motion Graphic,” Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 60–67, 2017, [Online]. Available: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/download/238/pdf.

S. Ramdhan, R. Tullah, and S. N. Janah, “Iklan Animasi Stop Bullying pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 2, pp. 6–13, 2019.

A. F. Dimas Ismail Hasan, “APLIKASI ADOBE AFTER EFFECT CS 4 DALAM PEMBUATAN VIDEO IKLAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI TOKO ANEKA SPORT MALANG,” 2018.

M. Yunus, “PERANCANGAN IKLAN MOTION GRAPHIC WISATA TANJUNG BIRA KABUPATEN BULUKUMBA,” 2015.

A. Putra, A. D. A. Hermansah, and A. Purwanto, “Perancangan Iklan Motion Graphic Jasa Percetakan Alief Production Untuk Meningkatkan Penjualan,” Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 14, no. 3, p. 1, 2013.

Ri. D. Anita and F. Marisa, “Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i1.417.

A. Budy Saputra, “Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Datsun Sigap,” KOPERTIP J. Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 84–97, 2018, doi: 10.32485/kopertip.v2i2.51.

M. I. Hanafri, L. F. Gustomi, and H. Susanti, “Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi 2D Pada BPJS Ketenagakerjaan,” Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, p. 6, 2018.

R. Ahmad Saropi, “PEMBUATAN 3D MOTION GRAPHIC OBJEK WISATA TANJUNGRIAU FISHERISM MENGGUNAKAN ASPEK SPATIAL, TEMPORAL, LIVE ACTION, DAN TYPOGRAPHY,” vol. 3, no. 2, 2019.

T. Hirai, “Seamless Video Scene Transition Using Hierarchical Graph Cuts,” pp. 3–4, 2017, doi: 10.1145/3145690.3145703.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id