Proses Perakitan Trafo Dengan Menggunakan Animasi Multimedia

Muhammad Iqbal Hanafri, Siti Maisaroh Mustafa, Arip Hidayat

Abstract


Trafo merupakan alat listrik yang digunakan untuk menaikan atau menurunkan daya listrik. Karena tidak semua orang memgetahui apa itu Trafo dan bagaimana proses perakitanya, maka dengan multimedia sebagai salah satu sarana informasi, maka peranan multimedia menjadi sangat penting dalam berbagai bidang seperti dunia usaha, hiburan dan lain-lain. Bentuk multimedia yang popular diantaranya adalah animasi. Animasi merupakan penggabungan dari media gambar dan suara. Selama ini PT Trafoindo Prima Perkasa masih menggunakan media yang sederhana dengan menggunakan power point untuk menyampaikan sebuah informasi seperti company profile kepada karyawan dan masyarakat. Hal ini berhubungan dengan adanya perekrutan karyawan baru, kunjungan studi siswa maupun Mahasiswa  ke PT Trafoindo Prima Perkasa, dimana sebelum menuju ke area poduksi mereka terlebih dahulu dijelaskan tentang  company profile PT Trafoindo Prima  Perkasa. Sayangnya, selama ini pengunjung tidak dijelaskan mengenai proses produksi perakitan. Trafo oleh  Staff HRD yang biasanya menemui dan menemani para pengunjung tersebut. Staff produksi atau kepala bagian yang menemani mereka harus menjelaskan semua proses produksi dari awal sampai akhir sehingga Mahasiswa dan Siswa kurang paham dengan materi yang disampaikan karena terbatasnya waktu di area produksi yang diijinkan oleh perusahaan. Animasi untuk mempermudah informasi dari perusahaaan kepada pengunjung aplikasi ini dibuat dengan menggunakan 3DMax dan Adobe Flash. Pembuatan animasi diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang proses produksi bagi karyawan baru, Mahasiswa mapupun Siswa yang sedang melakukan kunjungan studi di PT Trafoindo Prima Perkasa.

Full Text:

PDF

References


A. S. Sadiman. dkk. 2011. “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: Rajawali Pers.

A. Arsyad. 2014. “Media Pembelajaran”. Jakarta : Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. 2012 “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran“ Jakarta:referensi Jakarta.

Aaron, Jibril. 2011. “Jurus Kilat Jago Adobe Flash” Jakarta: Niaga Swadaya

D. W. K. Sari. “Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada Hotel Sitamiang” Tangerang: Sekolah tinggi manajemen dan ilmu komputer (STMIK) RAHARJA, 2014.

A. Hadi,. 2002. “Animasi dengan macromedia flash berikut ActionScript” Jakarta : Salemba Infotek

R. Hidayanti,.2011.Konsep Dasar Elisitasi.Tangerang.

T. Hammim,. 2014 “ Astah- Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML” Yogyakarta Andi

Jarot. 2009.”Buku Pintar Menguasai Multimedia” Jakarta : MedianKita.

B. E. Purnama,.2013.”Konsep Dasar Multimedia Yogyakarta: Graha Ilmu.

W.Purnomo, ,2013.“Teknik Animasi 2 Dimensi XI-1” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosa, A.S dan M. Shalahuddin. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.” Bandung: Informatika, 2013.

D.Rusmadi,. 2009. “Mengenal Komponen Elektronika”. Bandung:Pionir Jaya.

Suyanto. 2013. “ Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing “ Yogyakarta: Andi.

T. Sutabri,.”Konsep Sistem Informasi.” Yogyakarta: Andi, 2012.

I. T. Wibowo,. 2013. Belajar Desain Grafis. Jakarta: Grasindo.

H. Widodo,. 2011. “ Menggunakan UML” Bandung:Informatika

W. D. Andoyo. “Perancangan Kontroling Otomatis TRAFO Listrik Menggunakan WI-FI Dengan Sensor Suhu LM35 Berbasis Mikrokontrolller ATMEGA 16” Tangerang: Sekolah tinggi manajemen dan ilmu komputer (STMIK) RAHARJA, 2014.

Yakub. 2012. "Pengantar Sistem Informasi". Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.