Perancangan Game Petualangan Mengenal Candi-Candi di Magelang

Agustinus Sirumapea, Siti Maesaroh, Kanang Eka Saputro

Abstract


Candi merupakan bangunan bersejarah yang berdiri dan memiliki cerita yang berbeda-beda, namun masih banyak orang belum mengetahui secara tepat lokasi dan sejarah candi itu sendiri, yang membuat mereka hanya mengunjungi beberapa candi yang telah terkenal seperti Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah serta Candi Prambanan, Yogyakarta, dan tidak ingin mengetahui atau mengenal candi lainnya yang berada disekitar candi tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengusulkan untuk merancangkan suatu media pengenalan candi berupa game yang diharapkan dapat memberikan informasi bahwa masih banyak candi disekitar candi yang terkenal tersebut. Aplikasi yang dikembangkan peneliti ini adalah sebuah game petualangan yang memiliki konsep cerita pemuda jawa yang berkunjung ke candi-candi kecil dan berakhir pada candi besar yaitu Candi Borobudur yang bertujuan untuk mengenalkan bentuk bangunan candi, lokasi candi dan sejarah singkat candi tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah prototype (membuat rancangan game, kuesioner dan studi pustaka). Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan program Construct 2 yang membuat pengguna berinteraksi, dapat dijalankan pada desktop. Hasilnya adalah game yang diberi nama “Game Petualang Candi” dengan grafis 2D.

Keywords


Pengenalan Candi, Candi Borobudur, Game, Construct 2

Full Text:

PDF

References


M. I. Hanafri, A. Budiman, and N. A. Akbar, “Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android,” J. Sisfotek Glob., vol. 5, no. 2, pp. 50–53, 2015.

B. K. Juharna, M. I. Dzulhaq, “Merancang Media Game Edukatif Sasumata Belajar Dasar Berhitung Berbasis Multimedia Interaktif,” J. SISFOTEK Glob., vol. 6, no. 1, 2016.

A. Sirumapea. Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Nama Alat Transportasi Dua Bahasa Berbasis Android di TK Islam Husni. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088 – 1762 Vol. 9 No. 1, Maret 2019.

Y. Indrawaty. Teknik Multimedia. Institut Teknologi Nasional. Bandung. 2011

Tim Dukom. Mahir CorelDraw X5 untuk Pemula. Dunia Komputer. 2013.

A.S. Rossa dan M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat Lunak Informatika. Bandung. 2014.

Randi. Pengembangan Game Edukasi Nama Hewan Dan Habitatnya. Garut. 2014.

E. Sedyawati dkk. Candi Indonesia Seri Jawa. Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. 2013.

M. Ridoi. Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Construct 2. Maskha. 2018.

E. Pratiwi. Photoshop. Jakarta. 2013.

Systemax. Paint Tool SAI. http://www.systemax.jp/en/sai. Diakses pada 18 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v2i1.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Academic Journal of Computer Science Research

 

Academic Journal of Computer Science Research

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: STMIK Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.