Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Dengan Metode Certainty Faktor Berbasis Web

Rahmat Agusli, Muchamad Iqbal, Fendi Saputra

Abstract


Penyakit pada ibu hamil telah menjadi suatu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Menurut data kementrian kesehatan pada tahun 2016 tercatat 305.000 ibu meninggal per 100.000 orang yang menjadikan angka kematian ibu hamil (AKI) masih sangat tinggi. Peningkatan penyakit pada ibu hamil yang semakin tinggi ini terjadi karena kurangnya informasi yang didapatkan oleh ibu hamil. Banyak ibu hamil yang menyepelekan penyakit-penyakit ringan seperti pusing, mual atau gatal-gatal sehingga membuatnya malas untuk berkonsultasi ke dokter ataupun ahlinya, hal ini tentu saja merugikan ibu hamil tersebut yang mengakibatkan terjadinya kerancuan diagnosis. Untuk memudahkan ibu hamil mendapatkan informasi tentang penyakit ibu hamil perlu adanya suatu aplikasi sistem pakar yang berfungsi seperti seorang ahli yang dapat melakukan diagnosis terhadap penyakit pada ibu hamil. Aplikasi sistem pakar ini melalui alur inferensi forward chainning yaitu dengan memasukkan gejala dan selanjutnya akan dilacak kedepan dengan menggunakan aturan IF_THEN, kemudian akan diperoleh kesimpulan. Kesimpulan tersebut akan lebih akurat lagi dengan metode Certainty faktor yaitu menambahkan nilai kepastian dari seorang ahli atau pakar dan seorang pasien atau user. Jika gejala yang dimasukkan oleh pasien atau user tidak memenuhi aturan certainty faktor maka akan menggunakan metode teorema bayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar ini dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit pada ibu hamil.


Keywords


Sistem Pakar, Forward Chainning, Certainty Faktor, Teorema Bayes, Informasi, Penyakit ibu hamil.

Full Text:

PDF

References


A. A. Rahmat Tullah, “Perancangan Sistem Informasi Data Pasien di Klinik Aulia Medika Pasarkemis,” Sisfotek Glob., vol. 9, no. 1, pp. 1–6, 2019.

A. Maliya, N. Mufidah, and E. Nurhayati, “Persalinan,” J. Ilmu Keperawatan Matern., vol. 2, no. 1, 2019.

Desvita Anggraini Wulandari dan Is Hadri Utomo, “Responsivitas Dinas Kesehatan Karanganyar Dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu Dan Bayi,” Responsivitas Dinas Kesehat. Kabupaten Karanganyar Dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu Dan Bayi, vol. 1, no. 3, pp. 40–49, 2017.

A. P. Dicki Alamsyah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android,” Int. J. Artif. Intell., vol. 6, no. 1, pp. 53–74, 2019.

Za, Li & Ulfah, Fadhilah & Khairina, D.M. & Hamdani, Hamdani & Maharani, Santy. (2017). Web-expert system for the detection of early symptoms of the disorder of pregnancy using a forward chaining and Bayesian method. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. 95. 2589-2599.

Rosa dan M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.

Priyanto dan J. Khairul Kawistara. Pemrograman WEB edisi revisi. Bandung: Informatika, 2017.

Andriani, Anik. Pemrograman Sistem Pakar. Yogyakarta: Mediakom, 2017.

Suhendri. Sistem Pakar Identifikasi Tipe Kepribadian Karyawan Menggunakan Metode Certainty Faktor. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088-1762 Vol. 7 No. 1/ Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v2i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Academic Journal of Computer Science Research

 

Academic Journal of Computer Science Research

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: STMIK Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.