Sensor Jarak Aman Saat Menonton Televisi Pada Anak Berbasis Arduino

Rachmat Agusli, Rudi Setiyanto, Fadzal Maulana

Abstract


Perkembangan teknologi dalam bidang media dan sarana informasi mengalami peningkatan perkembangan yang sangat pesat, salah satu yang mengalami peningkatan kepesatan yang tinggi adalah televisi. Progam yang menarik dan kenyamanan dalam menonton televisi membuat anak-anak usia 0-8 tahun menjadi betah berlama-lama menonton televisi. Dampak dari menonton televisi bagi anak salah satunya adalah bisa menyebabkan mata minus. Untuk menanggulangi dampak dari televisi maka harus orang tua harus mengawasi dan  memperhatikan jarak aman pada saat menonton televisi. Tetapi orang tua terkadang tidak dapat selalu mengawasi anaknya sehingga jarak aman menonton televisi sering terabaikan. Dengan melakukan analisis perancangan dan dengan menggunakan metode pengumpulan data dan metode pengembangan atau perancangan, maka dibuatnya alat ini yang terdiri dari Arduino sebagai kontroler dan komponen pendukung lainnya yang diprogam dengan Arduino IDE. Alat ini bertujuan untuk memberikan informasi atau peringatan bagi anak untuk berada dijarak aman pada saat menonton televisi pada saat orang tua tidak bisa mengawasi secara langsung. Alat ini terbukti akurat hingga 80% dalam penggunaannya.

Keywords


Teknologi informasi, Arduino, anak usia dini, jarak aman, televisi.

Full Text:

PDF

References


S.Anshori, “Pemanfatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran”.Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya, 2018.

U.Kustiawan, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Malang: Gunung Samudera, 2016.

R. Jannah, Segala Gangguan dan Penyakit Mata. Jakarta: Guepedia, 2018.

A.Agusniatih dan J. M Monepa, Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.

Tasik Malaya: Edu Publisher, 2019.

D.Michael, D.Gustina, “Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air pada Kolam Ikan Secara Otomatis dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino”. Jurnal IKRA-ITH Vol. 3 No. 2, 2019.

S.Rahmawati, ”Rancang Bangun Pendeteksi Jarak Aman dan Intensitas Cahaya Televisi Otomatis dengan Menggunakan Metode Perbandingan Diagonal Layar Berbasis Arduino”. Jurnal Politeknik Negeri Sriwijaya, 2018.

R.Jannah, Segala Gangguan dan Penyakit Mata. Jakarta: Guepedia, 2018.

E.Permana, S.Herawati, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Ruangan Bagian Pembukuan Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3”. Jurnal STMIK Subang, 2018.

Suhardi, “Pemupukan Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor

Ultrasonik dan Cahaya Berbasis Arduino Uno R3”. JISTech 5(1), 49-61. 2020.

M.Iqbal, R.Nandika dan E.Susanti, “Rancang Bangun Text dan Animasi 3 Dimensi pada LED Cube Berbasis Arduino Uno Atmega328”. Sigma Teknika Vol. 2 No. 2:158-172, 2019.

Sarmidi, S.I.Rahmat, “Sistem Peringatan Dini Banjir Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno”. Jurnal STMIK DCI JUMANTAKA Vol. 03 No. 1, 2019.

R.Fahyurisandi, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pintu Gudang PT XYZ Berbasis Android Menggunakan Perangkat SIM800L dan Mikrokontroler Atmega328P”. Jurnal Politeknik Negeri Jakarta, 2020.

R.Tullah, Sutarman dan A.H.Setyawan, “Sistem Penyiraman Ototmatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Pada Toko Tanaman Hias Yopi”. Jurnal Sisfotek Global Vol. 9 No. 1, 2019.

A.A.Sofyan, P.Puspitorini dan D.Baehaki, “Sistem Pengendali Pintu Otomatis Berbasis Radio Frequency Identifycation (RFID) Dengan Arduino Uno R3”. Jurnal Sisfotek Global Vol. 7 No. 1, 2017.

Syamsiah, “Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi Untuk Anak Paud Rambutan”. STRING (Satuan Teknologi Riset dan Inovasi Teknologi) Vol. 4 No. 1, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v11i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

        

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.