Peer Review

Artikel yang masuk (submited) ke Dewan Redaksi JURNAL SISFOTEK GLOBAL akan ditelaah oleh Wakil Ketua Dewan Editor untuk disesuaikan dengan ruang lingkup (focus & scope) JURNAL SISFOTEK GLOBAL dan dipindai dengan program Plagiarism Cheker X dan Google Scholar untuuk memastikan tidak ada unsur plagiarisme, atau tidak melebihi 15 persen.


Setelah artikel sesuai dengan ruang lingkup jurnal dan unsur plagiarismenya tidak lebih dari 15 persen, Wakil Ketua menugaskan reviewer sesuai dengan bidang ilmu yang dibahas dalam artikel secara Double Blind Peer Review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan.

Setiap artikel akan ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer), 1 penelaah internal dan 1 peneleaah eksternal. Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka wakil ketua dewan redaksi akan menunjuk penelaah ketiga.